MATERI KE-10 KELAS 8

 

Selasa, 22 September 2020-09-22                                                       Bahasa Indonesia Kelas 8

MATERI KE-10 KELAS 8

BAB 3 TEKS EKSPOSISI

A.    Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi

1.      Gagasa Umum sebagai Dasar Penyimpulan Isi Teks

Dasar Gagasan yang menjadi Rangkaian gagasan teks eksposisi ada yang berupa gagasan umum dan gagasan khusus.

Gagasan umum, gagasan utama, atau ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf. Gagasan umum akan disertai gagasan-gagasan khusus atau gagasan pendukung atau gagasan penjelas.

Contoh:

Pada tahun anggaran sekarang nilai ekspor produk pertanian menurun dibandingkan dengan tahun anggaran sebelumnya.Penurunan harga beberapa komuditasekspor terutama seperti kopi dan karet merupakan penyebabnya, meskipun volume ekspornya sendiri meningkat.

Gagasan umum: nilai ekspor produk pertanian menurun.

2.      Jenis-jenis Paragraf Berdasarkan Letak Gagasan Umumnya

1.      Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang mengungkapkan peristiw-peristiwa dari yang bersigat umum menuju khusus, gagasan utamanya terletak di awal kalimat.

Contoh paragraf deduktif:

Selain kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional anak-anak juga harus dilatih. Kecerdasan emosional sendiri adalah suatu kecerdasan seseorang dalam mengelola, mengendalikan, menilai, serta menerima emosi orang lain di sekitarnya. Orang tua atau guru bisa melatih kecerdasan emosional anak dengan cara mengajarkan mereka mengungkapkan emosi dan perasaan mereka secara langsung, dalam diri, serta mengajarkan mereka untuk memotivasi diri saat menghadapi kesulitan.

2.      Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah paragraf yang mengungkapkan peristiwa-peristiwa dari yang bersifat khusus menujuumum, gagasan utamanya terletak di akhir paragraf.

Contoh paragraf induktif:

Masih banyak yang menilai kemampuan siswa dari kecerdasan otaknya saja. Padahal, manusia sendiri mempunyai dua kecerdasan lain dalam dirinya, yaitu, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Pengajaran di sekolah pun juga masih menitikberatkan peningkatan kecerdasan otak atau intelektual muridnya. Instansi pendidikan mesti merombak paradigma berpikir seperti itu. Jika tidak diubah, maka instansi pendidikan hanya akan menghasilkan murid-murud berotak cerdas yang tidak pandai mengendalikan emosi serta tidak mempunyai jiwa spiritual yang kuat.

3.      Paragraf Campuran

Paragraf campuran adalah perpaduan antara paragraf deduktif dan paragraf induktif, gagasan utamanya terletak pada kalimat awal dan kalimat akhir.

Contoh paragraf campuran:

Pendidikan yang paling utama bagi anak adalah pendidikan karakter. Dengan pendidikan karakter yang baik, si anak akan mempunyai pondasi karakter dan mental yang kuat. Orang tua dan guru pun bisa bekerja sama untuk membentuk karakter anak. Jika berhasil, orang tua dan guru akan lebih mudah dalam mensfer ilmu maupun nasihatnya kepada anak. Jadi pendidikan karakter harus diutamakan dalam pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROLOG

Assalamualaikum  Hai Anank-anak semua, apa kabar berjumpa kembali dengan ibu tuk belajar Bahasa Indonesia, semoga kita selalu diberikan kese...