MATERI KE 8 KELAS 8

 

MATERI DARING KE 8 KELAS 8

C. Menelaah Pola, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Iklan

 

1.      Pola-pola Penyajian Iklan

Iklan dapat kita temukan dalam berbagai tempat dan sepanjang waktu.

Iklan yang disajikan secara tertulis, misalnya melalui surat kabar, majalah, internet, ataupun media media lain. Poster dapat ditemukan dalam bentuk pajangan di tempat-tempat umum.

Penyajian iklan secara tertulis dapat kita simak melalui radio dan telivisi. Khusus iklan di telivisi ataupun internet, iklan merupakan gabungan teks lisan, tertulis, dan gerak.

Bentuk-bentuk iklan:

a.       Iklan media cetak

Karakteristik utama iklan cetak penggunaan bahasa, kata-katanya jelas, menggunakan desain grafis, warna dan bentuk huruf, tata letak dan gambar.

Iklan media cetak berdasarkan ruang / space dibagi 2:

1.      Iklan baris

Iklan baris adalah iklan yang pemasangannya berupa baris-baris.

Contoh:

DIJUAL TANAH LUAS 150 BT LOKASI OBJEK WISATA SITU GEDE

HUB. BPK YAYAN TLP 022 3221981

2.      Iklan kolom

Iklan kolom adalah iklan yang pemasangannya dalam media berupa kolom-kolom.

b.      Iklan elektronik

Iklan elektronik merupakan iklan berbasis perangkat elektronik, yang mencakup beberapa unsur yaitu:

1.      Iklan radio, mengandalkan suara.

2.      Iklan telivisi, terdapat unsur suara, gambar, gerak.

3.      Iklan film, tersaji dalam judul film.

Menurut isinya, iklan diklasifikasikan menjadi 3:

a.       Iklan pemberitahuan

Iklan pemberitahuan berfokus pada kepentingan untuk memberitahu khalayak mengenai suatu hal, baik yang berupa peristiwa, keadaan, atau hal lain.

b.      Iklan layanan masyarakat

Iklan layanan masyakarat bertujuan memberikan penerangan atau penjelasan kepada masyakarat.

c.       Iklan penawaran

Iklan penawaran bertujuan untuk menawarkan produk atau jasa.

2.      Struktur Teks Iklan

Bagian-bagian iklan:

a.       Pengenalan produk (judul teks)

b.      Pernyataan persuasif, berisi pernyataan yang mendorong pembaca atau pendengar berbuat sesuatu.

c.       Iklan sering disajikan pula slogan, gambar-gambar produk, serta nama dan logo perusahaan.

3.      Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Teks iklan bertujuan menawarkan produk, baik berupa barang maupun jasa.

 

 

 

 

 

 

Kaidah-kaidah kebahasaan :

a.       Persuasif: bujukan atau dorongan tentang kebiasaan atau gaya hidup.

b.      Imperatif: Permintaan, ajakan, dorongan, atau larangan.

c.       Berima, puitis

d.      Berkesan positif

e.       Ringkas

 

D.Menulis Iklan

 

1.      Langkah-langkah menulis iklan

Langkah-langkah menulis iklan:

a.       Mulailah iklan dengan pernyataan yang menarik perhatian khalayak.

b.      Menawarkan solusi.

c.       Menunjukkan bukti.

 

2.      Penyuntingan Iklan

Pertanyaan yang diajukan ketika melakukan penyuntingan:

a.       Apakah iklan itu berstruktur dengan lengkap?

b.      Apakah informasi yang disampaikannya mudah dipahami?

c.       Apakah kata-katanya ringkas dan persuasif?

d.      Apakah ilustrasinya memikat?

e.       Apakah iklan itu sudah sesuai produk yang dijual serta sesuai pula dengan khalayak sasarannya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROLOG

Assalamualaikum  Hai Anank-anak semua, apa kabar berjumpa kembali dengan ibu tuk belajar Bahasa Indonesia, semoga kita selalu diberikan kese...