MATERI POKOK :
TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER
Pembelajara Teks Iklan, Slogan, dan Poster diberikan
kepada peserta didik kelas VIII semester
ganjil untuk jenjang pendidikan SMP. Materi teks iklan, slogan, dan poster
merupakan salah satu materi prasyarat agar peserta didik mampu menguasai materi
tersebut.
Setelah mempelajari materi ini diharapkan peserta
didik memiliki kompetensi yaitu:
A.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi
NO. |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
1. |
Kompetensi
Pengetahuan 3.3.
Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat
bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar. |
IPK Penunjang: 3.3.1 Menentukan unsur teks iklan,
slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber
yang dibaca dan didengar. IPK Kunci: 3.3.2. Mengidentifikasi informasi teks
iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai
sumber yang dibaca dan didengar. IPK Pengayaan: 3.3.3. Membandingkan informasi teks
iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai
sumber yang dibaca dan didengar. |
2. |
Kompetensi
Keterampilan 4.3. Menyimpulkan isi iklan, slogan,
atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber. |
IPK Penunjang: 4.3.1 Menyebutkan isi iklan, slogan,
atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber. IPK Kunci: 4.3.2. Menyimpulkan isi iklan, slogan,
atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber. IPK Pengayaan: 4.3.3. Menyajikan isi iklan, slogan,
atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber. |
B.
Tujuan
Pembelajaran:
Melalui kegiatan pembelajaran
dengan menggunakan model discovery learning, berbantuan LKPD diharapkan peserta
didik dapat:
1. Mengidentifikasi
informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi)
dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
2. Menyimpulkan
isi iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari
berbagai sumber.
3. Menyelesaikan
soal bertipe HOTS yang berkaitan dengan teks iklan, slogan, atau poster (yang
membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca
dengan
tekun, tanggung jawab dan percaya diri.
C.
Materi
Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
Faktual:
1.
Menentukan
Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster
a.
Pengertian
dan Fungsi Iklan, Slogan, dan Poster
Iklan
adalah teks yang mendorong, membujuk khalayah agar tertarik pada barng dan jasa
yang ditawarkan.
Iklan
disampaikan melalui media massa, seperti telivisi, radio, surat kabar, dan
internet. Unsur yang ditampilkan adalah gambar, gerak, kata-kata atau suara.
Iklan
merupakan sarana yang banyak digunakan untuk kepentingan-kepentingan:
1. Bagi
perusahaan bisnis komersial, untuk menjual barang dan jasa.
2. Bagi
dunia perkantoran, untuk mendapatkan karyawan.
3. Bagi
Pemerintah, untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan masyarakat.
4. Bagi
perorangan, untuk membeli dan menjual barang-barang pribadi.
Slogan
adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntunan
(pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi.
Slogan
juga disebut moto atau semboyan. Slogan lebih mengutamakan kepadatan makna dan
kehematan kata-kata.
Contoh
Slogan:
Tiada hari tanpa
prestasi.
(Slogan tentang pentingnya mengukir presasi
setiap hari).
Bersatu kita teguh
bercerai kita runtuh.
(Slogan
tentang perlunya persatuan dan kesatuan).
Poster
adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang dipajang di tempat-tempat umum,
berisi pemberitahuan suatu ide, hal baru, hal penting kepada khalayah
ramai.Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata-kata. Poster menggunakan
kata-kata yang singkat, jelas, menarik, dan lengkap.
b.
Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan
Poster
Berdasarkan
contoh-contoh sebelumnya tampak perbedaan antara iklan, slogan, dan poster.
Tujuan ketiganya sama untuk membujuk khalayah berbuat sesuatu.
Perbedaan
antara iklan, slogan, dan poster:
1. Iklan
merupakan teks persuasif yang memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur
gerak, dan suara.
2. Slogan
merupakan teks persuaasif yang mengutamakan unsur kata-kata.
3. Poster
merupakan teks persuasif yang mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata;
dipajang di tempat-tempat umum.
Untuk
lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut!
Bentuk Teks |
Unsur-unsur |
|
|
|
|
Gambar |
Kata-kata |
Gerak |
Suara |
a.
Iklan |
v |
v |
v |
v |
b.
Slogan |
- |
v |
- |
v |
c.
Poster |
v |
v |
- |
- |
2.
Menyimpulkan
Informasi dan Pesan dalam Iklan
a.
Unsur-Unsur
Pembentuk Iklan
Unsur-unsur
pembentuk iklan yaitu:
1. Sumber
adalah pemasang iklan, yang berinisiatif, dan penyandang dana dari pemasangan
suatu iklan.
2. Pesan
adalah informasi yang disampaikan.
3. Media
adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan
saarana-sarana lainnya.
4. Penerima
adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran / objek iklan.
5. Efek
adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap,
pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.
6. Umpan
balik adalah tanggapan,reaksi, atau respon yang dikehendaki dari penerima
pesan.
b.
Penyimpulan
Maksud Suatu Iklan
Berdasarkan
isinya iklan dibagi menjadi 3 yaitu:
1. Iklan
pemberitahuan.
2. Iklan
layanan masyarakat.
3. Iklan
penawaran.
Klasifikasi
periklanan ada 2 yaitu:
1. Iklan
strategid, digunakan untuk membangun merek ataupun citra positif suatu
perusahaan.
2. Iklan
taktis, dirancang untuk mendorong konsumen agar segera melakukan respon dengan
merek tertentu.
Tujuan
atau fungsi iklan yaitu:
a. Fungsi
informasional. Iklan memberitahukan kepada konsumemn tentang karakteristik
suatu prodak dan manfaat yang mereka peroleh.
b. Fungsi
transformasional, iklan berusaha untuk mengubah sikap-sikap yang dimiliki oleh
konsumen terhadap merek, pola-pola belanja, gaya hidup, teknis-teknis mencapai
sukses.
c.
Menceritakan
Kembali Teks Iklan
D.
Sumber
Belajar
1. Buku
Paket Bahasa Indonesia Kelas VIII.2017. (H. 28-39)
2. Buku
Guru Bahasa Indonesia
3. Sumber:
htts://www.cryptowi.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar